Introducing ^^

Find In This Blog

Kamis, 23 Mei 2013

-->

  1. PEKERJAAN-PEKERJAAN DASAR INSTALASI LISTRI.

Jenis-jenis pekerjaan dasar pada pemasangan instalasi listrik diantaranya adalah : Cara mengupas, menyambung, mencabangkan berbagai macam kabel, memateri dan mengisolasi kembali.

    1. Mengupas dan Mengikat Kabel.
Hampir semua jenis kabel dibalut dengan bahan isolasi. Macam bahan dan susunan isolasi pada tiap jenis kabel berbeda-beda. Hal tersebut dimaksudkan untuk memenuhi berbagai macam keperluan. Jenis kabel yang sering dijumpai di antaranya :

      1. N G A, kabel ini isolasinya terbuat dari bahan semacam plastik dan bagian terluarnya dibuat dari benang yang dianyam kemudian dilapisi dengan cat.
Mengupas kabel N G A dapat dilakukan dengan menggunakan alat pengupas kawat (wire scraper) yang sesuai dengan ukuran kabel. Tentukan panjang kupasan yang dikehendaki. Jika kawat masih baik dapat dipakai “ wire stripper “ yang cocok dengan ukuran kawatnya.
Tekanlah “ wire stripper “ itu sehingga isolasi terputus. Tariklah kabel, maka terkupaslah isolasinya. Bersihkan bagian kawat pada kabel dari kotoran yang masih menempel pada bagian terkelupas. Selanjutnya ikatlah bagian kabel yang tidak terkupas sepanjang ± 5 mm sehingga lapisan luar tidak rusak dan tampak rapi. Selanjutnya perhatikan gambar berikut :











      1. N Y A, ialah jenis kabel bernadi satu. Untuk mengupas kabel semacam ini dapat digunakan pisau.





      1. N Y F G B Y, kabel ini merupakan kabel bernadi lebih dari satu dan diperkuat dengan lapisan logam aluminium, sehingga untuk mengupasnya diperlukan gergaji besi. Setelah bagian logam dapat terpotong, baru dapat dipergunakan “ wire stripper “ seperti pada kabel N G A.







      1. Kabel berprisai, kabel berprisai ini biasa disebut BX, terdiri dari dua nadi atau lebih yang dibalut karet kemudian dipersatukan lagi dengan lapisan kertas, selanjutnya dilindungi dengan logam baja yang digalvanisir berupa spiral. Untuk mengupas lapisan terluar digunakan gergaji besi


  1. MENYAMBUNG DAN MENCABANGKAN KABEL

Untuk pekerjaan menyambung dan mencabangkan kabel, kita selalu harus mengupas bagian isolasi kabel yang akan disambung dan dicabangkan. Untuk mempermudah dan mendapatkan hasil pekerjaan yang baik, maka kabel yang telah dikupas perlu dibersihkan terlebih dahulu.
Jenis-jenis sambungan dan pencabangan kabel :

  1. Sambungan ekor babi (pig tail).






  1. Sambungan Puntir.
  • Bell Hangers.




- Western Union.




  1. Sambungan Bolak-balik (Turn Back).




















  1. Sambungan Britania :















  1. Sambungan Scarf.








  1. Mencabang Datar (Plain Joint).
















Plain Cross Joint

Plain Joint









  1. Mencabang Simpul (Knotted Tap Joint).


















  1. Mencabang Ganda.













Tidak ada komentar :

Psy - Gentlemen Outline